Friday, August 12, 2016

Trick mencabut plat shield block mudul HH




banyaknya mayat HH atau HP bergelimpangan yang ana temukan didaerah ana, mendorong ana untuk ingin belajar teknik me-reparasi HH. karena ana yaqin, kondisi HH itu belum 100 % berstatus mayat, mereka hanya mati suri atau coma yang sedang menunggu perlakuan agar nyawa mereka kembali (he..). dimulai dari situ satu persatu ana mulai mengumpulkan tools untuk kebutuhan reparasi hsndphone baik untuk hardware maupun software nya. tak ketinggalan kebutuhan quota data pun naik 3x lipat untuk mencari referensi, masukan ataupun tutorial.

walaupun dirasa tools sudah cukup lengkap dan memadai, tapi tetap saja tak luput dari problem dalam seputar autopsy HH, salah satunya adalah membuka plat shield suatu block atau modul dari HH. awal-awal merasa kerepotan menghadapinya, masukan dari hasil searching didunia maya semuanya kurang berkenan/sesuai, diantaranya

  • pisau cutter (wah.. emang mo ngiris bawang..?)
  • knip tang.. emang praktis dan efisien sih.?! tapi tuh shield jadi ancur, kalo ada yang jual sih ga masalah.
  • di blow.. emang saran yang satu ini agak menyentuh, tapi jam terbang ana dalam hot air masih level beginner. takutnya over heat, ic di dalam shield malah rusak.

akhirnya setelah putar-putar otak, secara tidak sengaja ana melihat mata solder station pisau, lalu terpikir untuk mengkombinasikannya dengan mata solder jarum biasa dalam pengerjaannya. alhamdulillah 2 HH (mito A18 dan politron W 8470) korban experiment pertama ana sukses.


tipisin sedikit di tukang bubut
kebetulan ana punya 2 korban lagi untuk dijadikan bahan untuk tulisan kali ini, yaitu evercoss A5C dan andromax AD681G yang kebetulan rencananya mau dieksekusi tuh ic eMMC nya. bila sobat mau mencobanya boleh saja, dengan syarat (Do With Your Own Risk) resiko ditanggung sendiri..!!!

pertama-tama nyalakan soder station set temperatur minimal 350°


sambil menunggu solder panas, lumuri sisi-sisi shield dengan Flux.


biasanya diujung siku shield ada celah, disitulah titik awal pencabutan. bila celahnya kecil kita gunakan mata solder jarum


masukan ujung mata solder jarum, tahan.. sampai cairan flux berasap lalu angkat/congkel pelan-pelan saja ga usah pake tenaga. hindari mata solder bersentuhan dengan komponen-komponen pasif, karena bisa merubah posisi mereka.


bila sudah sedikit menganga bisa kita lanjut dengan menggunakan mata solder pisau untuk menyasar seluruh pinggiran shield yang disolder ke pcb.


                                                                   
alhamdulillah... plat pun bisa kita pasang jadi shield lagi nantinya.



tinggal rapihin dikit




No comments:

Post a Comment