Wednesday, June 3, 2015

install windows 7 via flashdisk



seperti kita ketahui bahwa hampir setiap netbook atau notebook tidak dilengkapi cd/dvd rom drive oleh pabrik pembuatnya didalamnya dan bagi anda yang mempunyai netbook/notebook yang mengalami masalah dengan operating system windows nya atau ingin mengupgrade dari os sebelumnya pasti merasa bingung bagaimana caranya. bagi anda yang punya cukup dana, tidak akan merasa kebingungan dengannya, cukup pergi ke toko asesoris komputer dan membeli dvd rom drive external. namun bagaimana dengan yang tidak punya dana untuk membelinya.? ah ga usah bingung2, kita bisa menggunakan kehadiran flashdisk untuk proses intalasi.

file2 installer windows 7 keseluruhan berkapasitas ± 4 gb, sehigga anda perlu flashdisk berkapasitas lebih besar darinya misal 8 gb. flashdisk akan kita jadikan bootable sehigga hardware akan langsung memprosesnya ketika dideteksi olehnya.
banyak cara untuk membuat flashdisk menjadi installer, bisa menggunakan perangkat lunak yang banyak beredar di internet, anda tinggal tanya aja ke mbah google, atau menggunakan cara manual yang akan dijelaskan disini. okay kita langsung aja...

hubungkan flashdisk dengan pc. buka program command prompt atau bisa menggunakan shortcut windows+r, lalu pada kotak search ketik "diskpart" tekan enter..


diskpart adalah program berbasis text-line command. berikut adalah langkah2 nya...


  • ketik LIST DISK lalu enter, list disk adalah perintah untuk menampilkan nomor jumlah disk yang ada pada system. lihat pada kolom size pada gambar dibawah, carilah nomor disk berapa yang menunjukan flashdisk anda (punya ana nomor 1 bos..)




  • ketik SELECT DISK 1 lalu enter, select disk adalah perintah untuk memilih disk yang mana kita akan fokus bekerja padanya.
  • ketik CLEAN tekan enter untuk memerintahkan program menghapus semua file yang ada pada flashdisk (backup lah isi flashdisk jika itu penting..!)




  • ketik CREATE PARTITION PRIMARY tekan enter untuk mulai membuat partisi pada flashdisk.
  • ketik SELECT PARTITION 1 tekan enter
  • ketik ACTIVE tekan enter, untuk membuat flashdisk bisa di booting
  • ketik FORMAT FS=FAT32 tekan enter. proses format tergantung besar kecil kapasitas flashdisk, semakin besar semakin lama. anda bisa pergi ke dapur dulu untuk membuat air teh/kopi sampil menunggu proses selesai.
  • terakhir ketik ASSIGN untuk pemberian huruf drive flashdisk misal E: atau F: jendela autoplay untuk flashdisk akan muncul jika semua proses berjalan sukses.
  • ketik EXIT untuk keluar dari command prompt.
  • salin semua isi cd/dvd windows 7 ke flashdisk (bisa pake windows explorer juga..)
beres dah... sekarang install note/netbook anda pake flashdisk yang barusan dibuat. jangan lupa untuk men-set flashdisk menjadi first booting di note/netbook pada setup bios.....









No comments:

Post a Comment