Saturday, June 20, 2015

resep sederhana+murah umpan di jatiluhur


jatiluhur.... bendungan yang terletak di kabupaten purwakarta jawa barat ini, selain salah satu tempat parawisatawan domestik yang hanya ingin sekedar menikmati keindahan alamnya, juga merupakan surganya pemancing air tawar. hampir setiap harinya bendungan ini ramai dikunjungi anglers baik pribumi maupun dari luar kota. tak ketinggalan ana pun selalu meluangkan waktu setidaknya sebulan sekali hanya untuk melepas rindu dengan tarikan ikan2 disini.

asem, jatiluhur
setiap pergi kesini, ana selalu hanya membawa 2 macam umpan, lumut dan umpan yang satu ini. lumut dipake pertama kali datang karena masih fresh, nah baru setelah waktu hampir sore, ana siapkan umpan yang satu ini. bahannya sederhana dan banyak diwarung2 sayur sekitar kita. selain murah umpan ini lumayan ampuh di jatiluhur. di spot2 dangkal seperti asem dan daerah kapinis sekitarnya, ikan mas sebesar 4-5 jari pada malam hari ga henti2nya menyerang umpan ini membuat ana susah tidur semalaman. walaupun umpan ini khususon buat ikan mas, tapi di siang hari nila juga sering menyambar umpan ini, dirandu ikan patin yang nyasar ke lapak ana nyicipin juga nih umpan.. bagi sobat yang mau nyobain, mangga2 sajah.. berikut bahan2nya:

umpan...

1. udang rebon ± 2 onz (Rp 4.000,-) diblender sampai halus.
2. pindang tongkol Rp. 4.000,-
3. mie instan 2 (bebas mau indomie, supermie atau yang lainnya) ambil mie nya ajah blender sampai menjadi tepung

cara membuat:
haluskan pindang tongkol, setelah halus campur dengan rebon yang sudah diblender kemudian aduk rata (resep diatas bisa untuk 2 x adonan). atur kekerasan adonan dengan mie instan yang sudah menjadi tepung bisa ditambah 1 butir telor bebek mentah kuningnya ajah (untuk jatiluhur jangan terlalu lembek agar tidak cepat rapuh karena arus air cukup deras)

bandul/bom...

1. dedak ½ kg atau bekatul (lebih bagus) disangrai (goreng tanpa minyak)
2. kelapa yang sudah diparud ± 2 onz disangrai (serundeng)
3. katulampa ± 2 bungkus

campur semua bahan aduk hingga rata. buat bulatan2 sebesar kepalan tangan, untuk pertama kali membandul lempar 3-4 bulatan ke spot yang disukai, selanjutnya cukup bom 1 bulatan sajah. barengi jika malam dengan menebar kompid sedikit demi sedikit, kalau siang dengan menir untuk mengundang nila2 badot.

bagi sobat yang pengen nyoba nih umpan.. good luck n happy striking..!!!



2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Buat kolam harian bisa gk bos..pindang tongkol yg masak atau fresh,makasih

    ReplyDelete