Friday, July 3, 2015

menentukan kaki-kaki transistor dengan AVO meter



banyak cara untuk mengetahui jenis komponen berbahan semi konduktor ini.
cara mudah untuk mencari kaki2 transistor berserta jenis transistor itu sendiri adalah menggunakan AVO (ampere, volt, ohm) meter. ana tidak akan bicara panjang x lebar tentang komponen satu ini, karena insya Alloh akan dibahas pada posting lain... kita langsung aja ke masalah


simbol transistor

1. mencari kaki basis

set AVO meter ke x10, hubungkan probe merah dengan salah satu kaki transistor misal kaki ke-2, kemudian hubungkan probe hitam dengan kaki ke-1 jika jarum AVO meter memberikan resistansi/bergerak naik lalu probe hitam dipindah ke kaki ke-3 AVO meter juga memberikan resistansi, maka kaki ke-2 adalah basis dan transistor berjenis PNP.


sebaliknya jika probe hitam di kaki ke-2 dan probe merah di kaki ke-1 lalu AVO memberikan resistansi begitu pun probe hitam dikaki ke-2 dan probe merah di kaki ke-3 AVO juga memberikan resistansi, maka kaki ke-2 adalah basis dari transistor NPN.

  

2. mencari kaki emittor dan collector

set AVO meter ke skala x10k.. setelah kaki basis kita temukan yaitu kaki ke-2, maka transistor bisa kita jadikan sebagai saklar untuk mencari kaki emittor dan collector. hubungkan probe merah ke kaki selain basis misal kaki ke-1, dan probe hitam ke kaki ke-3. pegang salah satu probe dengan jari bergantian, lalu sentuh kaki basis (kaki ke-2) dengan jari, jika jarum AVO tidak memberikan nilai resistansi (diam) balikan probe hitam di kaki ke-1 dan probe merah dikaki ke-3. sentuh kaki basis dengan jari kemudian sentuhlah salah satu probe dengan jari. jika probe hitam yang disentuh pada kaki ke-1 bersamaan dengan menyentuh kaki basis jarum memberikan nilai resistansi maka kaki ke-1 itu adalah collector dari transistor NPN. al-hasil transistor itu jenis NPN dengan kaki 1 = collector, 2 = basis, dan 3 = emittor

transistor NPN
begitu pula pada transistor PNP, karena transistor PNP probe pada kaki basis berwarna merah, maka probe merah yang berada di kaki selain basis lalu kita sentuh dengan jari bersamaan dengan kaki basis kemudian jarum AVO bergerak naik memberikan nilai resistansi maka sudah pasti kaki itu adalah collector dan kaki dengan probe hitam adalah emittor.


transistor PNP

No comments:

Post a Comment