Saturday, April 11, 2015

membuat emergency LED sederhana




alhamdulillah... setelah ada konfirmasi proyek dari teman (membuat emergency led buat menerangi lapaknya pada malam hari mancing di jatiluhur karena punya beliau hilang beberapa waktu lalu) ana bisa melanjukan menulis isi postingan ini. sebenarnya sih bisa saja ana menulis teori2 doang tentang isi postingan ini, tapi ana males dibilang dapet copas atau omdo.. he.he

karena kebutuhannya hanya untuk menerangi 5 jorannya waktu malam hari saja, jadi rasanya cukup dengan 30 buah led disusun paralel, karena catu daya yang di pakenya adalah powerbank.

 

diantara kelebihan led:
  • efisiensi daya
  • cahaya lebih terang
  • long lifetime
  • go green
sambil nguli (maklum..he) nyuri2 waktu ngitung komponen yang di perlukan..

  

pulang nguli langsung mampir ke toko parts elektronika..


wip (work in pain)

  

test dengan charger hp

  

penjelasan..

karena led ini di dasain hanya menggunakan powerbank yang mana kita ketahui bahwa output powerbank 5 v, sedangkan kebutuhan voltase untuk led adalah 3.7 v.
maka 30 led harus disusun paralel dimana ke 30 led hanya akan membutuhkan ampere yang lebih besar, sedangkan kebutuhan tegangan tetap 3,7 volt. berbeda dengan 30 led yang dirangkai seri, kebutuhan tegangan akan sebesar kelipatan banyaknya led itu sendiri, sedangkan kebutuhan ampere tetap 0.020 ah.

resistor sebesar 100 ohm digunakan untuk menahan tegangan sebesar 1.3 volt, karena arus led sudah diketahui yaitu 20 mA (0.020 A) maka nilai r dengan mudah kita dapat. dengan demikian rangkaian 30 led paralel ini membutuhkan arus sebesar 0.020 * 30 = 0.6 A


powebank diatas berlabel output 5 v up to 2 A dengan kapasitas  5600 mAh (5.6 Ah) .. jika produsen powerbank ini jujur dalam menuliskan label, maka powerbank ini sanggup menyalakan rangkaian led selama 9.3 jam dengan perhitungan 5.6/0.6 = 9.33  (hemm...? ana hanya yakin 15%...)



nah... karena tugas ana hanya membuat rangkaian elektronika nya sajah, jadi selesai dah.. untuk casing biar ana serahin sama beliau karena lebih kompeten untuk urusan casing.










No comments:

Post a Comment